Pengertian Root Android Kelebihan dan Kekurangannya

Semenjak blog ini di buat dari awal selalu menyajikan banyak ihwal tutorial cara root atau ngeroot ponsel android. Tapi kenyataanya berbagai dari temen temen yang bertanya entah itu melalui komentar maupun di facebook mengenai apa sih fungsinya dan apa efeknya setelah melaksanakan root. Mungkin banya kalian hanya ikut ikutan temen untuk melaksanakan nya tanpa mengerti apa yang kalian kerjakan itu nantinya menyebabkan problem apa tidak setelah melaksanakan root.


Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Root Pada Ponsel Android

Pada dasarnya Root sama dengan jailbreak pada Apple , yang artinya kita menerima hak layaknya developer yang tanpa batas melaksanakan modifikasi atau perombakan bahkan pada sytem Android sekalipun. Seperti contohnya kustomisasi tuning performa OS , menambah, mengubah, bahkan kalian mampu menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. Hal ini tentu baiknya di lakukan jikalau kalian paham betul fungsi fungsi yang akan kalian hapus tadi biar tidak terjadi error dan terjadinya ketidak stabilan dari systemAndroid bahkan bootlop.


Kelebihan Root Pada Ponsel Android

Nah ini yang sering ditanyakan, "apa sih bahu-membahu kelebihan kalau saya root hape saya ? ". Untuk manfaat yang kita dapat kan banyak antara lain yaitu :

  • Instal custom ROM
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ini berlaku bagi kalian yang sudah memahami ihwal android dan menginginkan memiliki tampilan Android yang berbeda dengan menginstal costum rom. Secara sederhana custom ROM ini adalah sebuah firmware alternatif pengganti firmware bawaan ponsel Android yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga dengan modifikasi modifikasi tertentu. instal custom ROM memiliki prasyarat dan salah satunya yaitu Android sudah posisi rooted serta memiliki unlocked bootloader dan lain lainnya. Untuk instal dan beckup ROM aplikasinya yang kalian mampu gunakan ROM Manager .

  • Overclock CPU  Android
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan yang mampu kalian dapat selanjutnya yaitu dapat mempercepat kinerja Android dengan cara melakukan Overclock CPU. Untuk yang satu ini kalian mampu menggunakan Aplikasi SetCPU for Root Users . Namun bukan tidak mungkin akan berakibat pada ketidak stabilan kinerja dari system Android itu sendiri jikalau kalian tidak hati2 dalam melakukannya.

  • Backup System dan Aplikasi
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Android sudah di Root maka memungkinkan kalian untuk melaksanakan beckup dan Restor System Android dan juga Aplikasi nya. Untuk melakukannya yang sering di gunakan yaitu Aplikasi Titanium Backup. Selain itu juga untuk memindahkan data dari ponsel ke SDCard pada game biar intternal memory lebih lega.

  • Menghilangkan Iklan
Ini yang terkadang menjadi kendala tersendiri ketika kita memainkan game di smartphone Android yaitu banyak iklan yang menggangu terutama pop up. Untuk menghilangkan Iklan pada game Android kalian mampu menggunakan Lucky Patcher . Dan mungkin juga ketika kita browsing juga terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul ketika kita klik apapun pada web tersebut. Solusinya kalian mampu mnggunakan Aplikasi AD Blocker & Notification Stop.


Kekurangan Root Pada Ponsel Android

Dan ini mungkin menjadi kegalauan tersendiri bagi temen temen yang ingin melaksanakan Root pada Android. Takut terjadi hal hal yang tidak di inginkan ibarat hilangnya data di Android dan mungkin menjadikan Android bootlop. Saya jelaskan sediki bahu-membahu Root itu tidak akan menghilangkan  atau mengurangi data apapun pada Android. dan untuk kemungkinan bootlop itu mampu terjadi jikalau kalian melaksanakan root dengan metode yang salah atau pas lagi apes aja :) dan untuk kekurangannya silahkan simak di bawah ini.

  • Menghilangan Garansi
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Konsekuensi melakuakan root yang pertama yaitu kalian akan kehingan garansi ponsel kalian ( Jika masih ada ). Karena kita sudah tidak memakai pengaturan bawaan pabrik lagi dan untuk mengatasi itu kalian mampu melaksanakan Unroot atau menginstal OS original yang sesuai dengan type Hp kalian.

  • Hilangnya update
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya



Kalian tidak akan menerima notifikasi pembaharuan perangkat lunak ketika sudah ada versi terbaru update OTA (Over The Air). Tapi kalian mampu mengatasinya dengan melaksanakan update secara manual ke versi yang gres tersebut.

  • Rentan Terserang Virus Malware
Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ibaratnya dengan melaksanakan Root kita menghilangkan semua system keamanan yang sudah di tanamkan oleh pihak vendor smartphone yang kalian gunakan. Hasilnya ponsel yang diroot akan  sangat rawan terserang Malware atau virus. Untuk mengatasi hal itu kalian mampu menggunakan Anti virus Android terbarik seperti AVG AntiVirusKaspersky Mobile Security & Antivirus dan lain lainnya.


Nah setelah membaca Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekurangannya mungkin kalian akan berfikir dua kali untuk tetap melanjutkan ingin melaksanakan root atau tidak. Dan semua kembali pada kalian masing masing. Semoga artikel kali ini bermanfaat jangan lupa like dan share untuk membuatkan kepada sahabat teman yang mungkin memerlukan informasi ihwal Root ini.

Back To Top